Kerja  

6 Langkah Untuk Mengembangkan Karir dan Profesi

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana Anda dapat mencapai tujuan Anda, berikut beberapa saran “sederhana” untuk membantu Anda merencanakan pengembangan karier dan profesi Anda sendiri. Namun, kita tidak boleh salah mengartikan kata “sederhana” di sini.

Langkah 1: Petakan tujuan untuk Anda sendiri

Anda harus menentukan arah dengan jelas saat Anda membuat rencana pengembangan karier untuk diri Anda sendiri. Anda tidak akan sampai di mana pun jika Anda tidak memiliki tujuan. Menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut akan membantu Anda menemukan tujuan Anda.

Di mana Anda ingin berkarier dalam 2 tahun ke depan?
Di mana Anda ingin berkarier dalam 5 tahun ke depan?
Apa yang memotivasi Anda untuk mencapai tujuan Anda?
Apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda?

Langkah 2: Lakukan analisis jarak (perbedaan)

Analisis kesenjangan adalah di mana Anda menemukan perbedaan di mana Anda sekarang dan di mana Anda harus menyelesaikan tujuan 2 tahun Anda, kemudian tujuan 5 tahun Anda.

Menggunakan iklan pekerjaan untuk pekerjaan yang Anda targetkan adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi spesifik tentang keahlian dan pengalaman yang Anda butuhkan. Telusuri portofolio deskripsi pekerjaan dan mulailah menilai sendiri status keterampilan, pendidikan, atau pengalaman Anda saat ini. Setelah Anda menyelesaikan latihan ini, Anda akan tahu apa yang Anda miliki dan di mana Anda perlu meningkatkannya. Anda sekarang memiliki daftar item untuk tumbuh. Ini akan menjadi langkah persiapan bagi Anda untuk menyelesaikan tujuan kecil sebelum mencapai tujuan besar.

baca juga ; Alih profesi bersama arkademi

Langkah 3: Bangun rencana pengembangan karir dan profesi Anda

Pada titik ini, Anda telah mengidentifikasi tujuan Anda dan juga apa yang perlu Anda kembangkan atau tingkatkan. Anda dapat merujuk rencana Anda ini kepada seseorang yang Anda kenal, baik itu atasan Anda atau kolega atau bahkan teman Anda, siapa pun dengan keahlian yang dapat Anda andalkan dapat membantu Anda. Saring atau tambahkan ke daftar keterampilan yang perlu Anda kembangkan atau meningkatkan.

Selain itu, Anda juga dapat merujuk ke banyak informasi dari forum terkemuka / situs informasi asing terkenal (mis. lifehacker.com dan careercentre.com…) lalu perbaiki apa yang sesuai dengan saya untuk menyelesaikan rencana Anda.

Selanjutnya, Anda akan menyortir item pada daftar menurut prinsip “perlu melakukan X untuk dapat melakukan Y”. Letakkan hal-hal yang perlu dilakukan pada item dengan prioritas tertinggi untuk mengingatkan diri sendiri untuk melakukan hal-hal ini terlebih dahulu dan beralih ke tugas lain nanti.

Langkah 4: Lanjutkan untuk menyelesaikan item dan ikuti dengan ketat urutan yang telah Anda tetapkan

Setelah Anda memiliki jadwal, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat diri Anda bertanggung jawab atas jadwal Anda. Cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan menjaga item pada jadwal Anda dalam keadaan “harus mulai sekarang”. Anda tidak dapat memprediksi dengan tepat berapa lama atau berapa banyak pekerjaan ekstra yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan item dalam daftar Anda, sehingga kemungkinan item tersebut akan ditunda tanpa batas waktu. Dan tanpa sadar Anda akan stagnan semua item berikutnya dan pada akhirnya Anda tidak akan mencapai tujuan sama sekali. Oleh karena itu, Anda tidak akan dapat menetapkan waktu tertentu untuk setiap item, tetapi setidaknya Anda dapat menyadari bahwa perlu untuk mulai menyelesaikan kategori berikutnya segera setelah Anda menyelesaikan yang sekarang, tidak ada item yang dapat menunggu atau dapat ditunda. Semuanya harus dimulai sesegera mungkin ketika Anda melihat garis “harus mulai sekarang”.

Langkah 5: Selalu pantau dan perbarui rencana Anda

Anda perlu memperhatikan rencana Anda setidaknya dua kali per tahun. Ini akan memungkinkan Anda untuk tetap fokus pada kemajuan Anda sendiri dan mengingatkan Anda tentang langkah selanjutnya, sambil juga membuat Anda tetap up to date tentang kemungkinan perubahan saat Anda mendekati tujuan Anda. .

Langkah 6: Selalu jaga konsistensi diri Anda.

Pertumbuhan karier adalah sesuatu yang dapat Anda lupakan dengan mudah dan tidak Anda sadari sampai suatu hari Anda bangun dan merasa tidak bahagia bertanya-tanya seberapa jauh Anda telah mencapai rencana Anda.dibesarkan karena Anda melewatkan garis horizontal. Anda harus bertanggung jawab dalam karir dan profesi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *